Marketing Mix 4P

mix 4P
Keputusan pemasaran umumnya jatuh ke dalam empat kategori berikut terkendali:
- Produk (Product)
- Harga (Price)
- Tempat (Place)
- Promosi (Promotion)

Istilah "bauran pemasaran" menjadi populer setelah Neil Borden diterbitkan 1964 H. artikelnya, The Concept of Marketing Mix. Borden mulai menggunakan istilah tersebut dalam ajaran-Nya di tahun 1940-an setelah James Culliton telah menggambarkan manajer pemasaran sebagai "mixer bahan". Bahan dalam bauran pemasaran Borden sudah termasuk perencanaan produk, harga, merek, saluran distribusi, penjualan pribadi, iklan, promosi, kemasan, tampilan, servis, penanganan fisik, dan menemukan fakta dan analisis. E. Jerome McCarthy kemudian dikelompokkan bahan-bahan ini ke dalam empat kategori yang saat ini dikenal sebagai 4 P pemasaran. dalam Marketing Mix 4P ini saya akan mengambil contoh product pasta gigi "Pepsodent" dengan link dibawah ini

http://www.unilever.co.id/id/brands/personalcarebrands/pepsodent/index.aspx

PRODUCT
semua Produk Peppsodent ini dapat dilihat di dalam website tersebut yang didalamnya terdapat:
- Kids
- Complete 12
- Complete care
- Gigi Susu strawberry
- Gigi Susu orange
- Herbal
- Sensitive
- Whitening
- White
- White Now


PRICE
dalam website ini terdapat kekurangan yakni tidak menampilkan harga dari masing-masing produk pepsodent

PLACE
dalam tempat promosinya pepsodent dapat dibeli di toko-toko supermarket besar maupun kecil yang dapat menjangkau semua kalangan

PROMOTION
dalam pemasarannya pepsodent menggunakan iklan yang menarik di televisi dan dengan melakukan kegiatan:
- Kampanye Pepsodent Untuk Menyikat Gigi pada Malam Hari
- Program Sekolah Pepsodent dan Pemeriksaan Gigi Gratis

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar